Pages

20 Februari 2013

Mengubah Setting Open With.. File (File Association) Pada Windows 7

Setelah lama absen dalam blog akhirnya mampir lagi. Kali ini saya akan membahas mengenai cara mengubah setting Open With pada suatu ekstensi (extention) file di Windows 7.



Apakah kalian pernah secara tidak sengaja mengganti setting open with.. suatu file dengan suatu aplikasi yang tidak seharusnya digunakan? Mungkin untuk beberapa tipe file tidak menjadi masalah, contohnya mengganti setting open with untuk file mp3 yang biasanya menggunakan Windows Media Player diubah menggunakan VLC Media Player.

Tapi misalkan yang secara tidak sengaja di ganti itu file sistem seperti .sys atau .dll bagaimana?
Dalam kasus ini saya secara tidak sengaja mengubah setting open with (file association) file .dll, dan pada akhirnya semua file .dll ketika diklik 2 kali akan dibuka menggunakan Notepad.
Karena saya orang yang tidak suka dengan ke-tidak rapi-an seperti itu :D , akhirnya saya mencari solusinya di berbagai macam website dan akhirnya menemukan 2 buah cara untuk mengubahnya kembali ke setting awal.


Cara Pertama :

Saya menemukan sebuah website yang menyediakan solusi yang sangat luar biasa membantu : http://www.sevenforums.com/tutorials/19449-default-file-type-associations-restore.html

Di dalam website tersebut tidak hanya mengubah kembali setting untuk file sistem, tetapi hampir semua file sistem bisa di restore.
Langkah yang di gunakan adalah dengan menggunakan file registry. Karena dalam proses perubahan dalam setting open with (file association) akan terekam di string registry.

Baiklah saya akan jelaskan langkah untuk penggunaannya :
  • Selanjutnya Save Filenya :

  • Kemudian Merge File yang telah di download tadi : 
  •  Setelah di merge, tolong di restart PC yang kalian gunakan. Barulah setelah di restart file dll akan kembali ke setting default.

Namun apabila ternyata cara yang pertama ini terlihat rumit untuk beberapa orang, saya menemukan cara lain yang menggunakan aplikasi buatan untuk melakukan unassociate file.

Cara Kedua :

Silahkan kunjungi alamat : http://www.winhelponline.com/blog/unassociate-file-types-windows-7-vista/
Atau kalau kalian mau langsung download aplikasi-nya disini : UNASSOC.ZIP
Selanjutnya silahkan di coba di extract aplikasinya dan kemudian jalankan.
Hasilnya akan seperti berikut :

 Pilih File Type mana yang mau di lakukan UnAssociation. Kemudian klik Remove file association (User)
Apabila tombol ini masih di disable, maka setting File Type tersebut sudah default / tidak ada perubahan yang dapat dilakukan.
Cara ini akan lebih simple dibandingkan dengan cara pertama yang sebelumnya saya paparkan.
Selamat mencoba dan selamat berbagi. :)

Noerman

1 komentar:

  1. trima kasih pak telah membantu masalah yg saya alami di komputer saya.

    BalasHapus

Komentar menggunakan bahasa yang baik dan benar.