Pages

03 Februari 2014

Menggunakan SyntaxHighlighter dalam Blogger

Seiring dengan banyaknya orang yang mau berbagi dan mencari ilmu di dunia coding (pemrograman), maka kode begitu sering disebarkan dan dituliskan dalam berbagai artikel ataupun blog post, nah tentunya dalam proses sharing ini kode yang akan disebarkan menjadi sebuah hal utama yang disampaikan.

SyntaxHighlighter adalah sebuah kumpulan kode javascript yang sesuai dengan namanya yaitu mampu untuk melakukan Highlight (Penyorotan) terhadap Syntax / Kode. Anda bisa lihat langsung di website resminya : SyntaxHighlighter Homepage

Hasil dari penggunaan SyntaxHighlighter :

Setelah beberapa saat saya surfing di internet, akhirnya ketemu juga bagaimana caranya untuk menggunakan SyntaxHighlighter ini.




1. Untuk menggunakan SyntaxHighlighter, kita harus melakukan semacam 'include' file SyntaxHighlighter dan Inisialisasi Settingnya. Letakkan Syntax ini tepat di atas bagian

Catatan : Brush yang dimaksud adalah berbagai bahasa pemrograman yang di support untuk proses Highlighting Syntax. Anda bisa menentukan bahasa apa saya yang bisa di highlight sesuai dengan keinginan.

2. Setelah proses penanaman kode selesai, maka berikut cara pemakaiannya :


Ternyata penggunaannya itu simple, dan kita bisa dengan mudah melakukan sharing kode dengan lebih praktis dan jelas serta mudah dibaca. :) Dan pada akhirnya, semoga tulisan ini bermanfaat. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Show Emoticons