Pages

17 Juli 2012

Mengenal Google Drive

Hari ini saya akan sharing sesuatu yang mungkin bisa dibilang agak terlambat. (walaupun lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali) :D
Bahasannya mengenai Produk Baru Google yaitu Google Drive.

Alasannya kenapa saya memulai membahas tentang hal ini, karena ketika saya mengakses Google Docs saya, terlihat pemberitahuan seperti ini :

/XD
Sepertinya keren, makanya saya coba telusuri lebih lanjut disini.

 
Sekarang ini sudah banyak sekali website yang mendukung kegiatan Cloud Computing, yaitu penyimpanan file secara online di internet. Hal ini memberikan kemudahan kita untuk menyimpan dan mengaksesnya dimana saja dan dengan gadget apa saja. Nah Google Drive ini adalah salah satunya.

Nah, mengenai gambar diatas itu jelas sekali karena google docs hanya meng-handle jenis portable document (PDF), document, spreadsheet dan presentasi. (walaupun saya juga pernah menyimpan file jenis lain di Google Docs :P ) Sekarang semua file dapat disimpan di Google Drive.

Google Drive adalah tempat untuk membuat, berbagi, mengkolaborasikan dan menyimpan berbagai macam file-file kesayangan kita. Semuanya dapat dilakukan di Google Drive. Kita bisa menyimpan dan mengakses semua file-file, termasuk video, foto, Google Docs, PDF dan lain-lain.
Keren ya?
/hmm

Ada lagi penjelasannya :

Dengan Google Drive, kita bisa :
  • Membuat dan mengkolaborasikan.
    Saat ini Google Docs telah dibangun dalam Google Drive, jadi kita bisa bekerja dengan orang lain secara real time dalam sebuah document, spreadsheet dan juga presentasi. Dan ketika kita sudah memutuskan untuk membaginya (share) dengan orang lain, maka kita bisa menambahkan isi, menjawab dan mengkomentari semuanya (PDF, Gambar, Video dan lain-lain) dan menerima pemberitahuan (notification) saat orang lain berkomentar di file yang telah kita share tersebut.
     
  • Tempatkan semuanya dengan aman dan akses file dimana saja (terutama ketika sedang berpergian).
    Semuanya yang telah kita upload, ada disana. Kita dapat mengaksesnya dimana saja, di website, di rumah, di kantor, saat melaksanakan tugas dan semua jenis gadget/device. Kita dapat meng-install Drive di Mac atau PC dan dapat juga mendownload Drive App untuk Android atau Tablet.
    Google Team juga bekerja keras untuk melakukan pembangunan Drive App untuk iOS Device. (seperti iPhone dan lain-lain). Dan tanpa memperhatikan platformnya, sehingga pengguna yang buta pun dapat mengakses Drive denagn Screen Reader (walaupun saya juga tidak tau bagaimana bentuk dan cara kerjanya. :D )
  • Mencari semuanya
    Cari dengan keyboard dan Filter berdasarkan tipe file, pemilik file dan yang lainnya. Drive juga bisa mengenali teks dari dokumen hasil scan dengan menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR).
    Sebagai contoh, kita mengupload klipping gambar dari sebuah koran lama. Kita kemudian bisa melakukan pencarian kata dari teks dari sebuah artikel aktual. Google Team juga sedang mengembangkan teknologi yang mampu mengenal tempat melalui gambar yang kita upload. Contoh, apabila kita mengupload gambar kita di Grand Canyon, maka ketika ada orang lain yang melakukan pencarian "Grand Canyon", maka gambar yang kita upload akan muncul, namun hal ini masih dalam proses pengembangan. (Saya belum tahu perkembangannya sekarang, tapi hal ini sangat luar biasa  =D> )
 Hei, kita yang sudah mempunyai account Google sudah dapat menggunakan Google Drive, dan langsung mendapatkan kapasitas sebanyak 5 GB.
Dan kalau masih kurang, kita harus melakukan upgrade (bayar tentunya).
Ini dia pilihan upgradenya :
  1. 25 GB dengan $2.49 / Bulan.
  2. 100 GB dengan $4.99 / Bulan.
  3. 1 TB dengan $49.99 / Bulan.
/shock  Keren deeeeeeh..

Demikian lah posting dan sharing kali ini, semoga bermanfaat.
/wahaha
Berikut referensinya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Show Emoticons