Pages

03 Juli 2012

Mengenal seputar penggunaan CD/DVD

Kita pasti sudah mengenal dengan media penyimpanan data yang satu ini. CD/DVD – RW yang artinya CD/DVD tersebut dapat kita gunakan untuk melakukan penyimpanan file secara terus  menerus, layaknya sebuah USB Flash Drive. Kita dapat menyimpan berbagai data didalamnya sebagai Backup atau penyimpanan data pribadi. Benda bundar ini memang terus membantu kita dalam berbagai hal. :)



Saat ini CD/DVD -RW sudah kalah pamor dengan adanya USB Flashdisk yang semakin lama semakin besar kapasitas penyimpanan datanya, sedangkan untuk CD-RW hanya berkisar 650MB - 700MB dan DVD-R dapat menyimpan data 6 kali lebih besar dari CD yaitu berkisar 4,7 GB. Namun tidak semua itu dapat digunakan, karena ada beberapa disc space yang digunakan untuk file system nantinya. Sebagai contoh, Di DVD-R tertulis jumlah kapasitas yang bisa digunakan adalam 4,7 GB, namun ternyata kita hanya bisa menggunakan sekirar 4,37 GB untuk penyimpanan data didalamnya. Walaupun demikian, CD/DVD tidak di tinggalkan begitu saja karena media satu ini punya kelebihan. Kita sering mengenal tentang ganasnya virus yang selalu menyerang USB Flashdisk. Meskipun kita juga sering mengetahui dan menggunakan berbagai antivirus untuk mengatasinya, tentu saja kita juga seringkali frustasi dengan masalah seperti ini. CD/DVD ini lebih kuat terhadap virus karena data-data baru tidak mudah masuk dan langsung tersimpan didalamnya sebelum kita melakukan burning data tersebut ke dalamnya. Otomatis, virus yang selama ini melakukan penyebaran secara otomatis itu tidak dapat berjalan di CD/DVD, dan karena itulah banyak orang menggunakan CD/DVD untuk melakukan backup data-data pentingnya.

Nah, untuk melakukan penyimpanan data penting tersebut, mari kita bahas mengenai penggunaan CD/DVD ini. Dimulai dengan Format CD/DVD yang akan kita gunakan.

 Ada 2 buah format CD/DVD yang dapat kita pilih :



  1. Like a USB Flash Drive atau kita kenal sebagai Live File System Format.
  2. With a CD/DVD Player atau kita kenal sebagai Mastered Format.
 Pertanyaannya, apa sih bedanya kedua Disc Format ini?
Akan sangat membantu apabila kita mengenal perbedaannya agar kita dapat memilik format yang benar untuk Disc yang akan kita gunakan untuk burning data.
Disc yang menggunakan format Live File System biasanya lebih nyaman difunakan karena kita dapat melakukan penyalinan data sesegera dan sesering mungkin, sama halnya seperti USB Flash Drive.
Namun ternyata tidak semua komputer atau CD/DVD/Blu-ray Disc Player.
Berikut adalah petunjuk untuk dapat kita pahami lebih dalam mengenai Live File System dan Mastered Disc :

Pilihan Disc yang di format dengan Live File System :
  • Pilih pilihan yang atas (Like a USB Flash Drive) dalam Dialog Box Burn a Disc. –Gambar 1
  • Bekerja sebagai USB Flash Drive berarti kita dapat melakukan penyalinan data dan file secara langsung tanpa harus melakukan burning dalam langkah yang terpisah.
  • Memberikan kita pilihan untuk melakukan penghapusan sebuah file, banyak file atau bahkan semua file. Tidak berlaku untuk CD/DVD ROM.
  • Akan lebih baik apabila CD/DVD tersebut kita tetap simpan dalam CD/DVD atau Blu-ray Disc burner dan melakukan penyalinan apabila kita sedang membutuhkannya.
  • Format ini hanya kompatibel dengan Windows XP atau versi sebelumnya.
Pilihan Disk yang di format dengan Mastered :
  • Pilih pilihan kedua (With a CD/DVD Player) dalam Dialog Box Burn a Disc. –Gambar 1
  • Kita tidak bisa langsung melakukan penyalinan karena kita harus melakukan penyusunan seluruh data-data atau file yang kita ingin salin ke dalamnya, dan baru setelah selesai disusun, kita dapat melakukan burning secara langsung.
  • Kita tidak diberikan pilihan untuk melakukan penghapusan sebuah data atau hanya sedikit data yang ada di dalamnya. Dan apabila kita ingin melakukan penghapusan, maka semua data lah yang akan di hapus.
  • Akan lebih baik untuk melakukan burning secara langsung dalam jumlah data yang banyak. Contohnya seperti burning File Musik dan semacamnya.
  • Kompatibel dengan komputer lain dan alat elektronik lain seperti CD/DVD/Blu-ray Disc Player.
Demikianlah Artikel ini. Semoga bermanfaat..

1 komentar:

Komentar menggunakan bahasa yang baik dan benar.