Pages

16 Juli 2012

Mengenal Lebih Dalam Pohon Linden dan Mencarinya di Depok.


Kali ini sedikit sharing mengenai hal yang aneh lagi. :))
Mencari Linden di Depok.
Pertanyaannya, kok bisa? Emang ada?
Jawabnya ada disini :

Saya terinspirasi dengan novel bersampulkan gambar daun linden tersebut. Ceritanya menakjubkan. Novel remaja, namun masih penuh makna. Mungkin saya tidak menyertakan sinopsisnya di tulisan ini, namun silahkan lihat di link atas dan reviewnya. Dan kalau tertarik silahkan dibeli aja novelnya.
Yang saya tekankan adalah, dimanakah Pohon Linden kita bisa temukan? Apalagi di novel tersebut jelas sekali menyebutkan adanya pohon linden di “Depok”. Saya yang tinggal di Depok cukup tertarik untuk mencarinya, mungkin hanya tinggal membuat sebuah tim explorer untuk mencarinya. :D
Baiklah, mungkin belum bisa. Jadi sekarang hanya bisa membahas mengenai Pohon Lindennya saja. (oper terus topiknyaaa). /wahaha
Baiklah, ini dia gambaran dari pohon Linden :
Taken From : http://www.photo-dictionary.com/photofiles/list/9506/12943linden_leaf.jpg



Baiklah, langsung saja dengan penjelasannya dengan pohon ini :
Linden atau bisa dikenal juga dengan Tilia adalah genus dari sekitar 30 spesies tanaman lokal di sebagian besar belahan bumi semi utara, di Asia (dimana keragaman spesies terbesar ditemukan), Eropa dan Amerika Utara bagian timur, tanaman ini bukan tanaman asli Amerika Utara bagian barat. Di bawah sistem klasifikasi Cronquist (Sistem yang membagi tumbuhan menjadi 2 – Dikotil dan Monokotil), genus ini ditempatkan di keluarga Tiliaceae, tetapi penelitian genetik oleh APG (Angiosperm Phylogeny Group = sebuah kelompok internasional informal botanis sistematis yang bersama-sama mencoba untuk membuat konsensus mengenai taksonomi tumbuhan berbunga (angiosperma) yang akan mencerminkan pengetahuan baru tentang hubungan tanaman ditemukan melalui studi filogenetik.) telah menghasilkan penggabungan keluarga ini dengan keluarga Malvaceae. Mereka umumnya disebut “lime” di Inggris dan linden atau basswood di Amerika Utara.
Kata "Linden" pada awalnya adalah kata sifat, "made from lime-wood" (setara dengan "wooden"), dari akhir abad 16, "lime" juga digunakan sebagai kata benda, mungkin dipengaruhi oleh terjemahan roman Jerman, sebagai adopsi dari Linden, jamak dari Linde Jerman. Baik nama maupun pohon berhubungan dengan buah jeruk disebut "lime" (Citrus aurantifolia, keluarga Rutaceae). Nama lain yang umum digunakan di Amerika Utara adalah basswood, berasal dari (bast) kulit pohon, nama untuk kulit bagian dalam. Di Amerika Serikat, nama "lime" hanya digunakan untuk pohon jeruk. Teil adalah nama lama untuk pohon lime.

Spesies Tilia adalah daun pohon besar, mencapai biasanya 20 sampai 40 meter (70 sampai 100 kaki) tinggi, dengan kemiringan-daun berbentuk hati 6 sampai 20 sentimeter (2 sampai 8 inci), dan ditemukan di daerah beriklim utara. Jumlah pasti spesies ini bisa dipastikan tidak tetap, karena banyak atau sebagian besar spesies telah siap untuk di hybrid-kan, baik di alam maupun di budidaya.

Daun dari semua spesies Tilia yang berbentuk hati dan sebagian besar asimetris, dan buah kecil, tampak seperti kacang polong, selalu menggantung menempel.
Bunga-bunga dari spesies Tilia Eropa dan Amerika itu mirip, kecuali bahwa Amerika mempunyai skala kelopak-seperti antara benang sari dan varietas Eropa tidak ada pelengkap seperti itu. Semua spesies Tilia dapat diperbanyak dengan stek dan okulasi serta dengan biji. Mereka tumbuh pesat di tanah yang kaya dengan humus, tetapi menjadi sasaran serangan banyak sekali jenis serangga.

Pohon Linden/Tilia direkomendasikan sebagai pohon hias ketika massa dedaunan atau warna mendalam itu sesuai dengan yang diinginkan. Pohon ini menghasilkan bunga harum dan memproduksi nektar, ramuan obat bunga ‘lime’. Mereka adalah tanaman madu yang sangat penting bagi peternak lebah, menghasilkan madu monofloral yang sangat pucat tapi kaya rasa. Bunga-bunganya juga digunakan untuk teh herbal; penggunaan semacam ini sangat populer di Eropa dan juga digunakan dalam praktek obat herbal di Amerika Utara.

Sebagian besar penelitian obat telah difokuskan pada Tilia cordata, meskipun spesies lainnya juga digunakan
dalam pengobatan dan seringkali bergantian. Bunga-bunga kering yang cukup manis dan lengket, dan buahnya yang cukup manis. Teh bunga Lime memiliki rasa yang menyenangkan, karena terdapat minyak atsiri aromatik yang ditemukan di bunga-bunganya. Bunga-bunga, daun, kayu, dan arang (diperoleh dari kayu) digunakan untuk tujuan pengobatan. Bahan aktif dalam bunga-bunga Tilia termasuk flavonoid (yang bertindak sebagai antioksidan), minyak atsiri, dan konstituen mucilaginous (yang menenangkan dan mengurangi peradangan). Tanaman ini juga mengandung tanin yang dapat bertindak sebagai sebuah zat.

Bunga Tilia digunakan untuk penyakit pilek, demam batuk, infeksi, radang, tekanan darah tinggi, sakit kepala (terutama migrain), dan sebagai diuretik (meningkatkan produksi urin), antispasmodic (mengurangi kejang otot polos sepanjang saluran pencernaan), dan obat penenang .

Wow, keren juga ya pohon ini? Mungkinkah pohon ini ada di Depok. Siapa yang mau ikut tim saya untuk explorasi Depok? /hmm
Yup itu saja sharing hari ini, semoga bermanfaat.

Reference :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Show Emoticons